ENDORSEMENT

edy zaqeus

Contoh endorsement yang biasanya diletakkan di kaver belakang

Endorsement dalam dunia perbukuan berarti komentar atau testimoni peneguh akan kualitas isi buku maupun kepada si penulisnya. Endorsement bisa berasal dari pendapat pakar, kutipan media massa, komentar penulis buku, pendapat tokoh-tokoh yang relevan, atau komentar dari public figure. Fungsi endorsement terutama untuk mengangkat brand penulis dan karyanya serta berefek promosional (selengkapnya baca di RCMBB Bab endorsement).

Sejak tahun 2005 hingga sekarang ini, saya sudah diminta memberikan tak kurang dari 100 endorsement dan kata pengantar buku. Tidak semua buku yang saya endorse tersebut berhasil saya koleksi, namun sekitar 70-an di antaranya berhasil saya koleksi dan bisa dilihat di folder foto Facebook saya (Daftar Buku yg Saya Endorse).

Endorsement punya banyak fungsi dan saya selalu menyarankan agar penulis pemula mau melengkapi naskahnya dengan endorsement. Apalagi endorsement sifatnya bisa diperoleh dengan cuma-cuma karena bagi pihak pemberi endorsement, kesempatan memberi endorsement adalah suatu kehormatan tersendiri.  Saya juga suka memberikan endorsement karena fungsi penyemangatnya bagi para penulis pada umumnya.

Berikut saya lampirkan contoh endorsement (testimoni) buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller Edisi Revisi:

“Saya baca buku ini saat berada dalam tahap awal penulisan buku perdana saya berjudul Thinking Out of the Box for Profit. Buku ini terdiri dari 20 bagian, 8 bagian pertama saya selesaikan dalam 3 bulan, dan 12 bagian berikutnya saya selesaikan kurang dari 2 bulan, setelah saya baca buku ini. Isinya begitu mudah dimengerti. Petunjuk-petunjuknya begitu mudah dilaksanakan.”

~ Nur Kuntjoro

Pendiri Quantum Consulting

“Hi Pak Edy, I have read your book. It’s very good. It’s add me more knowledge about how to write a ‘bestseller’ book. It will benefit me for my second book. Thank you.” 

~ Antony Japari

Regional Agency Director PT Panin Life Tbk

Penulis Buku “Solusi Cerdas Keuangan Keluarga”

“Straight to the target. Lembar demi lembar buku ini akan mengasah kepiawaian Anda membuka hijab-hijab; simpul-simpul tersebunyi yang menjadi rahasia sukses sebuah buku bestseller. Baca dan praktikan! Talenta buku anda akan berbinar.”

~ Wilson Arafat

Pengamat Pemasaran & Perbankan

Penulis Buku “The Real Power of Marketing Audit”

“Ruaarrr Biasa…! Kata itu barangkali yang paling pas untuk memberikan ilustrasi tentang buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller. Ibarat kompor, ia telah membakar semangat saya untuk menulis. Hasilnya, awal Mei 2007 saya berencana me-launching buku perdana saya. Sesuai dengan ‘petunjuknya’, buku tersebut fully independent. Sekali lagi, thanks berat buat Bung Edy. Provokasinya sungguh CESPLENG!”

~ Yusuf Wibisono

Penulis Buku “Membedah Konsep dan Aplikasi CSR-Corporate Social Responsibility”

“Menjadi penulis itu gampang, bertahan menjadi penulis jauh lebih sulit! Setiap hari saya harus merancang-membuat-dan menyelesaikan hampir 15-20 naskah! Bayangkan, betapa sulitnya untuk menjaga semangat agar tetap bisa menulis dengan baik dan merencanakan agar buku-buku tersebut menjadi bestseller secara nasional. Di buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller-nya Mas Edy Zaqeus ini, saya menemukan inspirasi-inspirasi  baru yang memperkaya wawasan saya. Misalnya saja, saya menemukan teknik jitu bagaimana caranya menjual buku saat buku tersebut bahkan belum terbit yang dipraktikkan oleh Tung Desem Waringin. Selain itu, ada ilmu-ilmu bestseller dari tokoh nasional seperti Aa Gym, Ari Ginanjar Agustian, dan lain sebagainya. Jadi, buku ini memang benar-benar cespleng!”

~ Gregorius Agung

Founder Jubilee Enterprise

Penulis Buku-Buku Komputer Terlaris

“Buku ini telah menantang saya untuk menulis buku di tengah-tengah kesibukan yang tidak pernah ada habisnya. Dan, tantangan itu berhasil saya jawab!”

~ Ari Juliano Gema

Penulis Buku “Membangun Profesi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual”

“Pertama saya baca buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller, saya syok, terheran-heran dan tidak percaya. Ternyata menulis buku bestseller begitu mudahnya. Dan lebih tidak percaya lagi, dengan kesadaran penuh, Edy Zaqeus bersedia menjadi mentor saya tanpa di bawah todongan senjata berat. Edy Zaqeus adalah guru menulis terbaik negeri ini yang pernah saya kenal.”

~ Eni Kusuma

Motivator, Mantan TKW, & Penulis Buku “Anda Luar Biasa!!!”

“Buku ini yang mendorong saya untuk menulis buku pertama saya. Hati-hati membaca buku ini karena Anda bisa menjadi penulis buku bestseller.”

~ Nathalia Sunaidi

Hipnoterapis & Penulis Buku Laris “Journey to My Past Lives”

“Buku ini sudah melahirkan banyak penulis pemula. Salah satunya saya yang mendapat motivasi untuk terus menulis buku dan menulis dengan cara yang benar, serta membuat penerbit tertarik hati untuk mencetak naskah buku saya. Resep menulis yang menakjubkan bagi saya, seorang ibu rumah tangga yang super sibuk mengurus anak dan membagi waktu untuk menulis!”

~ Hartati Nurwidjaya Papafragos

Ibu Rumah Tangga & Tinggal di Megara, Yunani

Penulis Buku “Perkawinan Antarbangsa – Love and Shock”

“Buku ini adalah buku yang memotivasi aku menjadi penulis. Ini komentarku dari hatiku yang paling dalam dan sejujur-jujurnya. Must read! Jika nggak mau ketinggalan mendapatkan pengalaman yang luar biasa!”

~ Alexandra Dewi

Penulis Buku “Queen of Heart” & Penulis Pendamping “I Beg Your Prada” 

“Menulis itu gampang. Mengarang itu juga mudah. Tapi, semua itu akan terasa lebih mudah dan gampang jika Anda membaca buku ini. Sebab, Anda layaknya dapat mentor di depan Anda untuk menjadikan tulisan-tulisan Anda jadi bestseller semua! Maka, berhati-hatilah, sebab mungkin Anda akan jadi terkenal dengan tulisan-tulisan Anda! Saya sudah merasakan efek luar biasa dari buku tulisan Edy Zaqeus ini dan buku saya sudah cetak puluhan ribu eksemplar.”

~ Agoeng Widyatmoko

Penulis Buku Laris “100 Peluang Usaha”

“Bukunya Mas Edy yang satu ini ibarat pemantik yang mampu meledakkan semangat untuk menulis. Saya benar-benar merasa mendapat banyak hal baru dari sini. Seperti pemikirannya tentang fast book. Ini komentar saya Mas, yang saya tulis dengan sebenar-benarnya. Bukan mengada-ada loh…! Salut deh buat produktivitas menulisnya. Bagi saya, Mas Edy adalah guru luar biasa yang telah membantu mewujudkan mimpi saya di siang bolong untuk menulis buku bestseller.”

~ Didik Darmanto

Penulis Buku Bestseller “Kalau Mau Kaya Ngapain Takut Ngutang”

Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller menjadi semacam ‘korek api’ bagi saya. Lima buku yang telah berhasil saya terbitkan, jujur karena buku ini. Saat saya sempet ‘mati ide’ menulis, buku ini juga menjadi semacam ‘tempat curhat’ agar saya kembali menulis. Ada sebuah bab yang pasti selalu saya baca untuk mengembalikan mood saya dalam menulis yaitu, ‘Suara Bestseller’. Bab tersebut sangat bisa mengembalikan mood saya untuk menulis. Ada banyak hal tentang menulis yang belum pernah saya temui pada buku dan tempat lain. Tapi, saya mendapatkannya dengan begitu banyak di buku ini sehingga saya bisa menghasilkan lima buku dalam satu tahun terakhir ini.”

~ Erwin Sutomo

Penulis Buku “Blog, Media Menulis Tanpa Batas”

“Menggugah! Itulah pertama kali yang saya rasakan ketika membaca buku Bung Edy. Ide-ide menulis tiba-tiba mengalir deras mengisi seluruh batok kepala saya. Semangat saya menulis menggebu-gebu, saya melejit, dan berhasil membuktikan betapa kekuatan kata-kata dalam buku Bung Edy sebagai roket pendorong bagi saya untuk terus menulis, menulis, dan menulis tiada hanti. Saya bisa menulis dengan menyenangkan. Inilah buku yang membuat Anda ketagihan untuk terus menggerakkan jari-jemari Anda di depan layar monitor. Ini buku yang menggugah semangat. Anda dapat keluar dari keterkungkungan, ketakutan, dan kemacaten menulis. Buku ini memberikan pelajaran berharga bagi saya bahwa menulis itu sangat mudah. Ya! Menulis itu mudah dan menyenangkan. Hasilnya, saya dapat menyelesaikan buku perdana tanpa terbebani apa pun. Trimakasih Bung Edy. Buku ini benar-benar ‘menggigit’. Karya Anda memang luar biasa!”

~ Rusdin S. Rauf

Penulis Buku “Nggak Juara Nggak Oke!”

“Buku Anda membuat saya sulit tidur! Saya ingin segera merealisasikan bahan-bahan tulisan saya yang sudah lama mengendap. Sampai saat ini, baru tiga buku yang saya selesaikan. Buku pertama, On Becoming Personal Excellent, kedua The Art of Re-engineering Your Mind for Success, dan ketiga Self-Empowerment by NLP. Buku keempat dan seterusnya akan segera saya teruskan, setelah paham betul tentang dunia penulisan buku bestseller dari buku Anda. Ternyata, banyak sekali bahan untuk dapat dijadikan buku. Sukses, buku Anda mencerahkan jiwa saya.”

~ Waidi

Penulis Buku Laris “On Becoming Personal Excellent”

& “The Art of Re-engineering Your Mind for Success”

“Banyak orang berpendapat menulis buku itu susah. Lebih banyak lagi yang mengatakan menulis buku bestseller itu sangat amat susah. Namun, kala Anda membaca buku yang ada di tangan Anda saat ini, saya jamin dalil kesukaran tersebut langsung gugur begitu saja. Diramu, diracik, dan dimasak sedemikian rupa oleh Bung Edy, buku yang kelihatannya sederhana ini memberikan dampak yang dahsyat bagi setiap orang yang mengonsumsinya. Dengan bahasa yang renyah dan tip-tip yang jitu, seketika Anda akan terheran-heran dengan diri Anda sendiri: ‘Rupanya aku juga bisa menulis buku bestseller!!!’”

~ Hendri Bun

Penulis Pendamping Buku “Be Happy”

“Ribet, susah and gelap! Itu pikiran saya waktu mo bikin buku. Tapi, setelah baca buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller edisi pertama, semua jadi terang dan mudah. Terbukti, satu buku berhasil saya lahirkan yang langsung ‘ditegrep’ penerbit besar. Nah, kalo edisi pertama aja udah bikin orang bisa nulis dan bikin buku, gimana cetakan versi revisinya? Jangan-jangan malah memotivasi orang bikin perusahaan penerbitan kali, ha ha ha….! BTW, suwer… buku itu memang membuka wacana kita untuk berpikir lebih praktis dan aplikatif dalam menulis. Enggak perlu ritual khusus. Malah buku itu bisa menyulap orang yang biasa jadi luar biasa he he he…. Bukan nyanjung lho, tapi inilah faktanya, ya buku perdana saya itu. Ternyata, bikin buku itu enggak perlu ribet. Asalkan kita tahu segmen dan ada unsur kebaruannya….”

~ Acip Setiawan

Penulis Buku “Yuk Jadi Model… Udah Beken, Tajir, Lagi!”

“Pengalaman Edy Zaqeus di bidang penulisan mengantarkannya menjadi penulis yang matang. Dia menceritakannya dalam sebuah buku yang layak dijadikan referensi oleh para penulis bestseller.”

~ Masbukhin Pradhana

Penulis Buku Bestseller “Cara Brilian Menjadi Karyawan Beromzet Miliaran”

“Karya masterpiece yang berkualitas, renyah, asyik dibaca, enteng dicerna,  dan sentuhannya sangat memotivasi. Resep-resep jitu Bung Edi telah membantu banyak penulis buku untuk berkarya lebih baik. Di buku ini Edi Zaqeus menunjukan kelasnya sebagai penulis bestseller. Saya tidak pernah meragukan kualitas buku-buku beliau. Anda pun akan memperoleh manfaat yang sama.”

~ Nistains Odop

Pemimpin Majalah Betang & Penulis Buku “Gagal Itu Baik”

Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller bahasanya sederhana, mudah dipahami. Urutan langkahnya pun gampang diikuti tapi nggak membosankan. Buku itu juga memotivasi banyak orang untuk berani nulis buku. Makanya, saya berani nerbitin Kacamata Kuda dan sebentar lagi juga ada Telur Columbus. Jadi, buku itu memang cespleng, deh.”

~ Ardian Syam

Penulis Buku “Kacamata Kuda”

“Isi buku ini sudah sejak lama saya cari. Memandu, mengajarkan sekaligus memotivasi untuk menulis. Saya mendapatkan segalanya dari buku ini, sehingga saya pun bisa jadi penulis.”

~ Dodi Mawardi

Dosen FISIP UI & Penulis Buku “Lulus Kuliah Cari Kerja? Kuno!”

“Ini buku yang berhasil merayu saya membaca sampai tuntas dari ba’da tarawih sampai sahur. ‘Sempalan artikel’ ini alurnya cukup terjaga, meski benang merah antar bab tidak begitu terasa. Tip, trik, dan strateginya aplikatif. ‘Hantu-hantu menulis buku’ dibabat habis dalam eksplanasi yang ringkas dan simpel. Tip di akhir bab bisa menjadi ‘serambi intip’ bagi skip-readers. Kentara betul buku ini ‘saringan pengalaman’. Ia mengusung jurus maut pendekar berpengalaman.”

~ Sudarmaji Hg

Penulis Generalis & Konsultan Penerbitan

“Sungguh, ini buku lengkap tentang kiat praktis penulisan yang provokatif dan menggugah. Cocok bagi para penulis yang ingin karyanya—dengan topik apa pun—menjadi suluh dan bisa memperkaya alternatif pemikiran di negeri ini.”

~ Rab A. Broto

Penulis Buku “Psikologi Duit”

“Tidak seorang pun yang tidak salut kepada para penulis buku, apalagi penulis buku bestseller. Karena itu, jangan buat naskah yang biasa-biasa saja, harus jadi luar biasa! Dan buku ini akan memandu jalan Anda. Luar biasa gagasan dan gaya penulisannya… menarik!”

~ Bambang Trim

Praktisi Perbukuan

“Luar biasa! Bawalah buku ini pulang dan baca! Temukan idenya dan hal-hal baru di buku ini. Setelah itu saya akan menemukan karya Anda…. beredar di toko-toko buku.”

~ Hari Subagya

Penulis Bestseller “Time to Change”

“Kalau selama ini Anda berpikir ingin menulis buku tapi belum terwujud, jangan lewatkan buku ini. Anda pasti menemukan semua kiat yang bisa membantu Anda menjadi seorang penulis bestseller.”

~ Andrew Ho

Penulis Bestseller “Higway to Success”

“Saya dapatkan inspirasi dan banyak masukan berharga. Salut! Buku ini wajib dibaca para penulis pemula maupun penulis bestseller.”

~ Adi W. Gunawan

Re-Educator dan Mind Navigator

Penulis Buku-Buku Bestseller

“Ini buku ‘gila’ karena menantang orang sibuk untuk membacanya dan kemudian belajar menulis… Hanya kaum pemberani yang akan menerima tantangan Bung Edy kali ini.”

~ Andrias Harefa

Penulis 30 Buku Laris

“Setiap beberapa waktu tertentu akan terbit sebuah buku yang mengubah hidup para pembacanya. Saya hampir tak percaya kalau sebuah buku panduan menulis, bisa menjadi buku seperti itu. Tetapi, itulah yang telah dilakukan oleh buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller. Pesan-pesannya memotivasi para pembaca untuk menjadi penulis, jauh ke dalam pikiran bawah sadarnya. Suatu ketika kita akan terbangun dengan keinginan kuat untuk menulis. Selang tak berapa lama kemudian, kita akan menemukan diri kita telah menjadi seorang penulis. Dan… hati-hati karena apa yang kita tulis mungkin akan menjadi bestseller. Saya sendiri telah menyelesaikan buku saya karena tip-tip yang saya peroleh dari buku ini.”

~ Stephen Barnabas

Penulis Buku “Financial Self-Concept”

“Judul buku ini sangat ‘menjual’ dan menantang. Produk bagus isinya pasti bermutu danini disajikan Edy Zaqeus dalam bahasa yang ringan. Buku ini layak dijadikan panduan bagi kaum profesional yang sibuk tapi ingin menulis buku.”

~ David Simatupang

Redaktur Pelaksana Majalah Marketing

“Sebagai seorang wartawan saya tiap hari berkutat dengan dunia penulisan. Ingin rasanya melangkah lebih dari itu: menjadi penulis hebat. Tapi akhirnya ide itu cuma ada di hati, kesibukan dan deadline yang ketat membuat saya lelah. Tiba-tiba kawan lama saya—akrab saya panggil Edpo—menulis sebuah buku bertajuk: Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller. Sebenarnya buku ini mirip-mirip dengan buku-buku lain yang sudah dikeluarkan oleh penulis macam Arswendo dan lain-lain. Tapi membaca buku kecil ini bab demi bab membuat saya termotivasi berat untuk bisa menuangkan ide yang selama ini hanya numpuk di kepala saya. Buku ini benar-benar memotivasi orang yang membacanya. Buktinya, setelah membaca buku ini sekarang saya rajin mengumpulkan ide-ide sambil berharap suatu ketika ide itu bisa dikembangkan dan menjadi buku bestseller.”

~ Juli Hantoro

Jurnalis Koran Tempo

“Isinya sangat provokatif. Semakin dibaca kian menantang orang untuk coba bikin buku.”
~ Nuriwan

Jurnalis Harian Seputar Indonesia

“Bukunya ok banget. Detail dan menulis seperti jadi sederhana. Tinggal menghimpun keberanian saja untuk mencoba. Thanks.”

~ Arin

Jurnalis Radio 68H

“Gila… saya benar-benar nggak nyangka kalau menulis buku itu begitu mudah…. Pembaca sangat dirangsang untuk menulis.”

~ Ade Tri Marganingsih

Redaktur Pelaksana Matabaca

“Selesai membaca, saya sadar betapa ‘bahayanya’ buku ini. Dari kiat-kiatnya, buku ini bakal mencetak para pengarang bestseller baru yang akan ‘membahayakan’ eksistensi pengarang-pengarang sebelumnya.”

~ Ignatius Kristanto

Litbang Kompas

“Bukunya Mas Edy sudah saya lahap habis. Bagus dan menarik. Ketika sedang membaca, tiba-tiba muncul ide di kepala saya. Saya sudah bisa membayangkan sebuah buku yang akan saya buat.”

~ Hanna Fransisca

Blogger

“Hai, Ed. Bukunya sudah kubaca. Inspiratif. Mestinya memang para penulis buku bestseller menyampaikan bantuan tips sukses sebagai penulis seperti yang Edy sampaikan. Supaya semakin banyak yang tahu tekniknya. Dan, kemudian mereka pun mencobanya. Saya bisa memahami ulasan-ulasan yang Edy tulis dengan baik. Dan, merasa akan menyampaikannya demikian pula suatu waktu nanti, jika sudah tiba saatnya. Sangat bersifat praktis. Mudah-mudahan motivasi Edy dan pembaca buku terbarumu ini tetap terjaga. Dan harapan Edy untuk lahirnya ribuan penulis baru dan multiplikasinya pun terwujud. Amin. Salam hangat. PS: Sudah beberapa waktu ini tiap hari saya mendisiplinkan diri untuk menulis. Paling nggak satu topik atau satu halaman, untuk buku yang insya Allah akan kuterbitkan.”

~ Fit Yanuar

Praktisi Public Relations

Permohonan Endorsement: Jika ingin mendapatkan endorsement saya seperti contoh di atas, Anda dapat mengirimkan soft copy naskah lengkap (sebaiknya format PDF) ke email saya edzaqeus@gmail.com. Hanya naskah yang sudah lengkap dan rapi (mulai dari judul, pengantar/pendahuluan, daftar isi, bab lengkap, daftar pustaka, & profil penulis) yang akan saya berikan endorsement. Terima kasih.

Web: EZ Institute | Page: EZ Institute | Twitter: @EZInstitute | Facebook: Edy Zaqeus | Page: Edy Zaqeus on Writing | Twitter: @EdyZaqeus | YouTube Channel: Edzaqeus 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s