EDITING

Edy Zaqeus - RCMBB

Alexandra Dewi & Cyntia Agustina (di tengah) dalam peluncuran buku perdana mereka “I Beg Your Prada” (GPU) di Plaza Senayan, Jakarta. Alexandra Dewi, penulis fashion & gaya hidup yang punya gaya bahasa khas; ringan, jenaka, kreatif, dan smart. Saya suka sekali mengedit karya-karyanya karena tulisan-tulisannya selalu menambahkan sesuatu yang baru bagi saya pribadi.

Editing dalam pengertian sederhana adalah proses perbaikan, koreksi, atau pengayaan naskah buku. Yag basic dalam editing umumnya adalah menghilangkan kesalahan ejaan, kesalahan ketik, struktur kalimat, dan sistematika naskah. Ini merupakan salah satu aktivitas sehari-hari saya, yaitu mengedit naskah-naskah klien yang hendak dimasukkan ke penerbit. Editing juga menjadi materi kepenulisan yang saya bawakan dalam pelatihan-pelatihan menulis saya.

Edy Zaqeus sedang memberikan bimbingan penyuntingan dasar kepada peserta Bali Writing Camp di Pantai Mendira, Candidasa, Bali.

Edy Zaqeus sedang memberikan bimbingan penyuntingan dasar kepada Soesanto Goentoro, peserta Bali Writing Camp di Pantai Mendira, Candidasa, Bali. Buku yang didiskusikan di camp ini sekarang sudah terbit berjudul “Aircraft in You”.

Dalam praktik yang saya lakukan sehari-hari, editing untuk naskah klien-klien tidak sekadar mencakup basic editing, tetapi melangkah lebih jauh bersama klien kepada upaya men-develope naskah supaya bobotnya bertambah. Terkadang naskah harus dibongkar-pasang, ditambah atau dikurangi babnya, diganti sistematikanya, atau bahkan ada yang harus ditulis ulang. Semua tergantung kondisi naskah saat saya terima. Tujuan dari proses ini adalah meningkatkan bobot naskah dan memoles naskah supaya masuk dalam kriteria layak terbit oleh penerbit yang dituju. Bahkan, kadang sasarannya adalah menjadi naskah yang layak buru oleh penerbit.

Edy Zaqeus menjelaskan teknik menulis buku dalam workshop "7 Keys of Book Writing for Personal Branding" batch 5 pd April 2013 di Hotel Ciputra, Jakarta Barat.

Edy Zaqeus menjelaskan teknik menulis buku dalam workshop “7 Keys of Book Writing for Personal Branding” batch 5 pd April 2013 di Hotel Ciputra, Jakarta Barat.

Nah, bagi penulis soal editing ini menjadi keterampilan yang bernilai lebih. Ingat, tidak semua penulis mampu mengedit karya sendiri atau orang lain, begitu pula tidak semua editor mampu menulis naskah buku dengan baik. Jadi, bagi penulis, keterampilan mengedit ini perlu dikembangkan terus-menerus supaya kemampuan menulis semakin terasah pula.

Dan ternyata, pengalaman sebagai jurnalis, serta menjadi penjaga dapur (editor) di Pembelajar.com dan AndaLuarBiasa.com sangat membantu saya dalam menjalani profesi sebagai editor maupun writing coach di sini.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa penyuntingan untuk naskah buku Anda, silahkan hubungi Contact Person: Asih Francisca – Hp: 0815-1957-0015. Terima kasih.

Web: EZ Institute | Page: EZ Institute | Twitter: @EZInstitute | Facebook: Edy Zaqeus | Page: Edy Zaqeus on Writing | Twitter: @EdyZaqeus | YouTube Channel: Edzaqeus 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s