BOOK COACHING

Edy Zaqeus memberikan pendampingan untuk Amelia Hiarawan, peserta writing camp batch 4 di Surabaya

Edy Zaqeus memberikan pendampingan untuk Amelia Hiarawan, peserta writing camp batch 4 di Surabaya

Book coaching atau pendampingan menulis buku merupakan kegiatan favorit saya. Mengapa? Sebab sejauh pengalaman mendampingi klien-klien menulis maupun men-develope karya mereka, selalu ada proses dan pengalaman yang sangat menarik. Proses pendampingan buku ini selalu memperkaya wawasan dan menambah pengalaman baru. Tak jarang merupakan pengalaman lintas bidang.

EZ & Nathalia Sunaidi

Saya dan Nathalia Sunaidi sedang mendiskusikan proses penulisan naskah buku pertamanya di sela-sela acara peluncuran buku klien saya

Lalu, apa inti dari pendampingan menulis buku? Yang dimaksud pendampingan di sini berbeda dengan co-writing (menjadi penulis pendamping). Pendampingan menulis pada perinsipnya adalah usaha membimbing klien (penulis naskah buku) untuk menulis, melengkapi, mengembangkan/memperkaya, dan merapikan naskahnya sehingga kualitasnya mendekati atau bahkan melebihi ekpektasi calon penerima naskah (penerbit).

Bagaimana proses pendampingan dilaksanakan? Biasanya dilakukan dengan pertemuan langsung sebulan 2-3 kali. Untuk kenyamanan, selama ini pendampingan berlangsung di mal-mal, kafe-kafe, restoran, hotel, dan tempat-tempat pertemuan umum (yang non smoking area) di mana di dekatnya ada toko buku.

Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller

Saya, Janu Wibowo, & Tinny Maria Awuy sedang mendiskusikan kaver buku “Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila!”

Mengapa demikian? Selain asyik melakukan coaching di tempat yang santai dan banyak hiburan, dekat dengan toko buku juga memungkinkan saya dan klien mudah mendapatkan buku yang hendak dibahas atau dijadikan sebagai contoh. Mal favorit saya adalah Mal Ciputra Land,  Mal Taman Anggrek, & Mal Central Park karena relatif lebih dekat dari kompleks Citraraya – Tangerang, tempat saya tinggal.

Apa saja yang dilakukan saat book coaching? Pertama-tama menelisik kekuatan dan kelemahan naskah, mendiskusikan proses pengembangan, sharing teknik-teknik memperkaya naskah, penugasan, evaluasi, dll. Pada proses ini, klien harus aktif melakukan serangkaian pengembangan naskahnya. Dan, dari pengalaman coaching ini biasanya klien mampu mengulang proses yang sama untuk menghasilkan karya-karya berikutnya.

Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller

Pendampingan di dekat toko buku memudahkan kita mencari buku-buku yang dibutuhkan sebagai tambahan materi atau bahan pembanding

Berapa lama proses pendampingan berlangsung? Bervariasi, tergantung dari kecepatan dan kemampuan klien, atau juga tergantung pada ketersediaan waktu mengingat klien-klien yang saya tangani biasanya berasal dari kelompok eksekutif dan profesional. Paling cepat proses berlangsung dua bulan dan bisa diperpanjang sesuai kesepakatan.

Untuk lancarnya proses maka book coaching yang saya selenggarakan selalu diatur dalam sebuah kontrak kerjasama berjangka waktu 2-6 bulan. Sedikit lebih detail tentang pengalaman coaching kepenulisan tersebut telah saya tuangkan dalam artikel “Book Coaching: Menjadi Pendamping Penulis Buku” di Pembelajar.com.

Bagi Anda yang membutuhkan pendampingan dalam menulis buku, silahkan hubungi Contact Person: Asih Francisca – Hp: 0815-1957-0015. Terima kasih.

Web: EZ Institute | Page: EZ Institute | Twitter: @EZInstitute | Facebook: Edy Zaqeus | Page: Edy Zaqeus on Writing | Twitter: @EdyZaqeus | YouTube Channel: Edzaqeus

2 thoughts on “BOOK COACHING”

  1. Cukup bagusss..
    aq sendiri sedang merancang sebuah buku dan mulai memasuki tahap penyempurnaan, tapi bingung bagaimana mencari publisher…
    ada solusi g ??
    kmungkinan mngenai pnwaran harga dan kriteria publisher.

    • Dear Pak Muhaamad, memilih penerbit biasanya disesuaikan dg tema & jenis buku yg biasa diterbitkan oleh penerbit yg dituju. Contoh utk buku2 populer tema umum, GPU menjadi tujuan banyak penulis. Utk buku2 bertema filsafat misalnya, Mizan & Kanisius jg jd pilihan. Begitu seterusnya. Oh ya, penerbit tdk menarik biaya utk naskah yg masuk. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s